Raih Omset Puluhan Juta dari Bisnis Kaos Bijian

Posted by

blokBojonegoro.com - Siapa bilang bikin kaos sablon harus banyak? Fahmi, pengelola RAF Creative Clothing menyampaikan bahwa tempatnya melayani pemesanan kaos secara bijian. Sejak tahun 2012 ia menjalankan usaha clothing meliputi kaos, sweater hodie, jaket baseball, dan topi. Namun ia ingin menciptakan konsep yang berbeda.

“Konsepnya sebetulnya sederhana. Jika selama ini kita tahu bahwa order kaos harus banyak, maka kita melayani pemesanan secara satuan,” kata Fahmi.

Sistem sablon yang dipakai di tempatnya memang berbeda yaitu menggunakan flex dan flox, jenis stiker yang khusus diperuntukkan bagi kain kaos. Kualitasnya pun tak kalah dari kaos distro pada umumnya karena menggunakan bahan katun combed, mulai 20-S sampai 30-S.

Mengenai bahan baku, ia mengaku langsung mendatangkan dari Jakarta, dengan jenis dan warna yang beragam pula, seperti kaos polo, raglan (kombinasi), dan woll.

Proses produksinya menurut Fahmi juga tidak sulit. Bahkan proses produksi hanya membutuhkan waktu 1 hari. Awal mula disiapkan desain dalam format vektor, kemudian potong flex menggunakan cutting plotter. Lantas, usai proses cutting, desain siap ditempel pada kaos dengan mesin press. Fahmi pun menunjukkan mesin pressnya yang berukuran 40 X 40 cm.

“Press dulu dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 detik. Lantas kaos siap dipakai,” lanjut pemuda asal Banjarejo itu.

Fahmi mengaku dalam sebulan omset yang diraih bisa mencapai Rp9 hingga Rp12 juta. Tapi ia sadar usaha pasti ada pasang surutnya. Pernah dalam sebulan ia hanya mendapat omset Rp2 juta.

Menurut Fahmi segmentasi pasar yang dominan adalah anak muda seperti komunitas motor dan kaos couple. Dalam sehari rata-rata ada 2-4 order masuk. Selain kaos satuan, ia juga melayani sablon ruber dan bordir.


Blog, Updated at: Jumat, Agustus 08, 2014

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda mencerminkan pribadi Anda..