Muangthong United, From Zero to Hero

Posted by

Muangthong United (MTU) adalah klub Liga Primer Thailand (TPL), berbasis di Muang Thong Thani, provinsi Nonthaburi, Thailand. Sebagian besar kepemilikan saham MTU dikuasai konsorsium Siam Sport, serta beberapa investor privat kecil lainnya. Berawal dari bukan apa-apa 5 tahun yang lalu, MTU kini menjelma menjadi klub tersukses dan terkaya di Thailand dalam tiga tahun terakhir. Didirikan pada tahun 1989, nama mereka tidak terdengar hingga nama klub tersebut terpampang di titel Thai Division 2 tahun 2007, yang sekaligus membawa MTU promosi ke Division 1 tahun 2008. Sebuah fenomena terjadi, juga berupa awal dari fenomena lahirnya raja baru di Thailand saat pada musim pertamanya di division 1, mereka langsung keluar sebagai juara sekaligus berhasil tampil di Thai Premier League 2009 untuk pertama kalinya.

Muangthong United 2009
Tahun 2009 menjadi tonggak awal kesuksesan mereka. Didukung dana yang memadai dari pemilik serta kemampuan promosi serta sponsorship dari Yamaha, AirAsia, i-mobile, coca-cola dan lain-lain, MTU berubah dari status tim promosi menjadi calon juara. Berbekal pemain lokal handal seperti Teeratep Winothai, Teerasil Dangda, Ronnachai Rangsiyo, serta pemain senior seperti Nattaporn Phanrit, pemain belia Kawin Thamsatchannan dan juga pemain asing yang membela mereka sejak divisi 2, Soumahoro Yaya, MTU menjadi kandidat serius juara TPL 2009. Sejarah itu akhirnya tiba saat MTU juara, mengalahkan klub berpengalaman seperti Chonburi FC dengan selisih 3 poin di pekan terakhir, serta unggul jauh atas klub papan atas lain seperti Bangkok Glass dan BEC Tero Sasana.

Ultra Muangthong
Beranjak di tahun 2010, mereka kembali merajai TPL, mencapai final piala FA Thailand, dan berhasil menembus semifinal AFC Cup. Perkembangan bisnis MTU juga makin maju. Selain sponsor, mereka juga serius menggarap merchandise, dimana dalam radius 1 km area Yamaha Stadium, kandang MTU, hanya ada satu toko resmi yang menjual jersey atau pernak-pernik klub, dengan harga yang sama dengan yang tertera di website klub. Di akhir musim, stadion kecil milik mereka pun dirombak, dengan menghadirkan bangku di tribun barat dan timur serta memperbaharui rumput lapangan menjadi kelas satu di negerinya, mengalahkan kualitas lapangan LEO Stadium-nya Bangkok Glass sekalipun.

Yamaha Stadium (www.skycrapercity.com)

Merchandise (http://mtutd.tv/products.asp)

SPG-nya MTU Megastore, gimana ga sold out produknya, hehe (muangthongunitedfc.blogspot.com)
Baru-baru ini MRUTD juga telah memperpanjang kontrak pemain andalannya untuk durasi lima tahun yaitu Nataporn PanritDatsakorn ThonglaoPanupong Wongsa,Teerasil DangdaKawin Thamsatchanan serta Dagno Siaka untuk rencana jangka panjang klub untuk meningkatkan standarnya ke tingkat kontinental. Kepala eksklusifSiam Sport, Pongsak Pholananmengungkapkan bahwakami mengusulkan untukmemperpanjang kontrak dengan pemain ini adalah rencana jangka panjang bagi klub untuk menjadi tim top-Thailand serta benua Asia dalam waktu dekatdan itu akan menjadi jaminan bahwa semua enam pemain akan menjadi milik kami untuk waktu yang lama dan juga menunjukkan bahwa Muangthong United adalah klub sepakbolaprofesional yang menaruh perhatian pada semua pemain kami. Saya percaya bahwapara pemain ini memiliki potensi untuk mengantar kita menuju masa depan yang cerah.
Namun, disayangkan tahun ini prestasi MTU cenderung menurun, disertai dengan tantangan serius dari timur, Buriram PEA, yang diperkuat pemain handal seperti Suchao Nutnum, Rangsan Vivatchaichok, dan Teerathin Bunmanthon. Mungkin profil Buriram PEA akan saya ulas apabila mereka berhasil merebut titel 2 bulan lagi, dan tentunya akan ada hal menarik seputar i-mobile stadium, stadion termodern Thailand saat ini milik klub tersebut. Namun untuk saat ini, profil singkat MTU tadi boleh jadi tambahan informasi dan bahan pembelajaran untuk kita, bagaimana langkah semestinya untuk mencapai apa itu sepakbola industri. Dan di Asia Tenggara, harus diakui merekalah pionirnya.
Sumber:
mtutd.tv
muangthongunitedfc.blogspot.com
+5555

MTU 2011 (muangthongunitedfc.blogspot.com)

Maaf libur dulu, banjir neh (muangthongunitedfc.blogspot.com)



Blog, Updated at: Rabu, Maret 21, 2012

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda mencerminkan pribadi Anda..